Cara Mengobati Luka Akibat Diabetes Pada Penderita Gangrene

Cara Mengobati Luka Akibat Diabetes Pada Penderita Gangrene Masih Bisa Dilakukan Jika Diambil Tindakan Cepat

cara mengobati luka akibat diabetes

Penderita diabetes sering berkaitan dengan luka gangrene dan harus selalu waspada supaya terhindar dari luka. Luka yang terjadi pada penderita diabetes lama untuk disembuhkan. Hal tersebut dikarenakan tingginya kadar gula di dalam darah mengakibatkan terganggunya fungsi syaraf khususnya syaraf kaki sehingga sering timbul mati rasa. Jika penderita terluka maka penderita tidak bisa merasakannya dan bahkan tidak mengetahui adanya luka sehingga luka berubah menjadi borok.

Cara mengobati luka akibat diabetes memang perlu perhatian khusus karena proses penyembuhannya membutuhkan waktu lama dibandingkan dengan orang normal. Hal ini dikarenakan penderita luka diabetes mengalami gangguan yang terjadi pada peredaran darah, persyarafan dan infeksi. Jika kadar gula penderita diabetes tidak terkontrol maka infeksi bisa semakin parah dan bisa masuk tembus ke otot dan tulang. Berikut adalah cara mengobati luka akibat diabetes secara medis jika sudah terinfeksi sampai ke otot atau tulang diberi antibiotic yang bisa tembus sampai ke dalam tulang.

Jika luka sudah terlalu lebar maka harus dioperasi dengan menutup luka yang lebar dengan operasi plastik, dengan mengambil kulit dari bagian tubuh yang lain. Biasanya kulit yang diambil adalah bagian paha.

Amputasi adalah pilihan terakhir cara mengobati luka akibat diabetes apabila jaringan pada luka sudah mati dan menimbulkan gangrene yang berwarna kehitaman. Hal tersebut dikarenakan tidak ada lagi aliran darah yang mensuplai. Apabila luka sudah parah maka dianjurkan untuk amputasi yang biasanya pemotongan dilakukan di bawah lutut atau diatas lutut. Pilihan amputasi adalah supaya infeksi tidak masuk ke dalam aliran darah dan bisa mengganggu organ-organ yang lain. Pilihan amputasi merupakan pilihan yang terberat bagi penderita diabetes.

Cara mengobati luka akibat diabetes harus diimbangi dengen penyembuhan diabetes itu sendiri. selama kadar gula di dalam darah belum stabil maka luka yang terjadi pun akan sulit untuk disembuhkan bahkan bisa memperparah luka. Kadar gula yang meningkat adalah penyebab utama timbulnya gangrene pada luka diabetes. Hal tersebut dikarenakan organ pancreas mengalami gangguan dalam memproduksi hormone insulin. Produksi hormon insulin yang mengalami gangguan menyebabkan kadar gula di dalam darah menjadi tidak stabil.

Penyebab lainnya yang menyebabkan luka diabetes sukar disembuhkan adalah karena banyaknya bakteri anaerob yang berkembang pesat di sekitar luka. Ketidakseimbangan jumlah bakteri jahat (anaerob) yang jumlahnya lebih banyak dari bakteri aerob (bakteri baik) menyebabkan luka menjadi gangrene. Bakteri anaerob bisa berkembang pesat dikarenakan kadar gula yang tinggi di dalam darah. cara mengobati luka akibat diabetes secara medis dengan memberikan aktibiotik agar bakteri berkurang. Karena jika bakteri semakin banyak akan mengakibatkan ulkus atau kematian jaringan yang bisa mengakibatkan harus diamputasi.

Cara mengobati luka akibat diabetes harus segera ditanggulangi saat mengalami gejala-gejala awal. Gejala-gejala pada luka penderita diabetes adalah luka akan berubah warna menjadi biru atau hitam, timbul rasa sakit dan mati rasa sekitar luka, keluar cairan yang baunya busuk, lama-kelamaan akan timbul gangrene.

cara mengobati luka akibat diabetes

Cara mengobati luka diabetes juga harus siimbangi dengan aktivitas sehari-hari agar luka tidak semakin parah. Apabila luka ada di daerah kaki maka berikut adalah cara untuk menjaga kondisi luka agarcepat sembuh :

  1. Cara mencuci luka, Luka diabetes harus dicuci setiap hari dengan cara yang lembut. Caranya cucilah luka menggunakan sabun antiseptic dan air hangat. Atau anda bisa mencuci luka dengan menggunakan rebusan daun jambu (rebus 5 lembar daun jambu ke dalam 1 liter air sampai hanya tersisa setengah liter saja). Rebusan daun jambu tersebut bisa menghilangkan bau bususk pada luka dan bisa memperlancar aliran darah. selain kedua cara tersebut anda bisa mencuci luka menggunakan cairan infus (Nacl) tetapi jangan memakai cairan toksik seperti H2O2. Kemudian keringkan luka dan bungkus luka menggunakan kassa steril dan tutup dengan plester agar luka tidak terbuka dan tertutup rapat.
  2. Apabila ingin keluar ruangan gunakanlah kaus kaki yang berbahan nyaman dan menyerap keringat supaya balutan tidak cepat kotor.
  3. Selalu cek perkembangan luka setiap harinya dari warna luka, bau, dan lainnya. Jika perlu difoto untuk bahan perbandingan
  4. Apabila luka sudah menghitam maka harus dilakukan pengangkatan karena warna hitam merupakan jaringan kulit yang sudah mati. Anda bisa mengangkatnya dengan bantuan dokter atau menggunakan cairan khusus untuk mempermudah pengangkatan. Warna kulit luka yang baik adalah berwarna merah.
  5. Jangan sepelekan luka sekecil apapun dan harus cari cara mengobati luka diabetes.
  6. Penanganan secara medis biasanya dilakukan dengan memberikan antibiotikUntuk aktivitas keseharian jangan menggunakan sepatu berhak atau sempit dan terbuka.
  7. Hindari menumpang kaki saat duduk atau saat tiduran
  8. Olahraga secara teratur maksimal 1 jam saja setiap hari. Lakukan olahraga ringan supaya daya tahan tubuh meningkat.
  9. Selalu ukur suhu badan di bawah ketiak
  10. Potonglah kuku kaki secara rutin dan sebaiknya biarkan orang lain yang memotongnya supaya terhindar dari luka akibat potong kuku.

Cara mengobati luka diabetes agar cepat sembuh harus dilakukan dengan pola hidup yang sehat. yang pertama hindari merokok karena bisa menyebabkan gangguan pada organ jantung, paru-paru bahkan pankreas penghasil hormone insulin yang sangat berpengaruh terhadap kestabilan kadar gula di dalam darah. Yang kedua adalah olahraga secara teratur agar imunitas tubuh meningkat sehingga mempercepat proses penyembuhan. Yang ketiga adalah tidur yang cukup dan berkualitas agar tubuh tetap fit. Yang keempat yaitu faktor psikologis dimana kondisi psikis penderita sangat berpengaruh terhadap penyembuhan, jadi selalu hindari stress. Yang kelima adalah ganti asupan nasi dengan karbohidrat komplek dimana kandungan gulanya rendah. Menurut penelitian Negara dengan makanan pokok berupa nasi sebagian besar mengidap penyakit diabetes. Karbohidrat kompleks mengandung sedikit gula dan banyak serat sehingga cocok untuk pengidap diabetes. Karbohidrat komplek contohnya adalah gandum, biji-bijian dan polong-polongan
250Selain dengan bantuan medis, cara menyembuhkan luka diabetes juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami yang tanpa efek samping. Anda bisa mengkonsumsi jus TNO setiap hari. Jus TNO memang dibuat khusus untuk penderita diabetes dimana terkandung 100% bahan-bahan alami. Kandungan di dalamnya bisa berfungsi untuk menstabilkan kadar gula dalam darah, mengembalikan fungsi organ pancreas penghasil hormone insulin, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meregenerasi serta merevitalisasi sel-sel yang telah rusak termasuk luka akibat diabetes.

Jus TNO selain untuk diminum juga ada cara menyembuhkan luka diabetes dengan mengompresnya. Noni tersebut adalah TNO dimana kandungan di dalamnya terdapat zat anti mikroba dimana mikroba merupakan penyebab utama luka sulit sembuh dan menimbulkan gangrene. Caranya yaitu tuangkan noni ke kassa steril kemudian kompres luka setiap pagi, siang dan malam setiap hari. jika dilakukan secara rutin maka luka akan cepat mengering. Info selengkapnya silahkan masuk ke website  http://lukadiabetes.com/

012

Apa Itu TNO dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Untuk Info Lengkap Mengenai TNO Silahkan Tekan Tombol "Klik Disini" Di Bawah Ini 

Post-Ender

Hey, Anda atau Anggota Keluarga Menderita Diabetes?

Kami Bisa Mengirimkan Banyak Tips Diabetes Seperti Diatas ke Email Anda

Jangan Lewatkan Kesempatan Ini

Dapatkan Semua Tips Tentang Diabetes Sekarang, Gratis!

Terbatas Hanya Untuk 100 Orang Pertama Hari Ini Saja

Isi Form Dibawah Ini !

(Rekomendasi Dokter)

greenarrowdown for menu makanan diabetes

Mohon Isi Nama Depan Anda

Mohon Isi Email Anda

Semoga Masyarakat Indonesia Semakin Sehat Ke Depan Dengan Tips Diabetes Ini.

Bagikan Juga ke Teman-Teman Ya!